Pentingnya Mengelola Time Management
Pada dasarnya, waktu yang dimiliki semua orang itu sama, ialah 24 jam 
sehari. Tidak ada yang memiliki kuantitas waktu yang berbeda, meskipun 
terpisah dalam beberapa tempat yang tidak sama. Namun, pada nyatanya, 
yang membedakan waktu tersebut ialah kualitas waktu yang dimanfaatkan 
setiap orang. Secara kuantitas, waktu memang sama di mana pun. Namun, 
secara kualitas, waktu memiliki keunggulannya masing-masing, bergantung 
pada sepintar apa pengguna waktu memanfaatkannya.
Diperlukan pengaturan waktu, atau manajemen waktu untuk menjadikan waktu
 bergerak tidak hanya secara kuantitas, melainkan kualitas. Pengaturan 
waktu tersebut biasa disebut sebagai time management. Time management 
adalah kemampuan untuk mengatur waktu dengan sebaik dan seefektif 
mungkin, agar sesuai dengan segala bentuk aktivitas yang dilakukan dalam
 seharian penuh. Sejatinya, waktu setiap orang dalam satu, bahkan lebih 
dari satu hari ialah sama; selalu berkelipatan 24 jam. Jadi, secara 
kasat mata, setiap orang seharusnya bisa melakukan hal yang sama. Akan 
tetapi, yang membedakan hal tersebut ialah time management.
Orang yang satu akan berbeda dengan orang yang lainnya dalam hal 
pemanfaatan waktu. Semua bergantung dari secermat apa mereka mengatur 
waktu yang sama-sama selama 24 jam dalam sehari itu. Prinsip prioritas 
sangat diperlukan di sini. Orang yang beraktivitas dengan memandang 
skala prioritas, tidak akan secara acak menjalankan waktunya, karena 
tahu akan ke mana setiap aktivitas kesehariannya pada akhirnya 
membawanya di akhir; entah itu berupa keberhasilan atau justru 
kegagalan. Dengan skala prioritas, tentu orang akan menghindari 
kegagalan tersebut.
 
 
 
 
Time management sendiri memiliki beberapa poin penting, di antaranya:
- Penetapan; merupakan langkah pertama dalam melakukan sebuah perencanaan.
- Pengaturan; merupakan aspek penting Karen sifatnya yang mengatur, menjadikan segala sesuatu menjadi teratur dan tidak tercecer berantakan.
- Pemilihan; merupakan suatu tindakan untuk memutuskan mana yang lebih baik untuk dilakukan dan mana yang lebih baik tidak dilakukan sama sekali.
- Pemutusan; merupakan langkah selanjutnya yang harus direalisasikan setelah adanya pemilihan atas suatu hal.
- Kualitas; merupakan aspek yang harus diperhatikan ketika menyangkut hal-hal penting. Ialah berupa nilai dari suatu hal.
- Tenaga; merupakan factor yang sangat penting dalam menunjang dilakukannya time management, agar dapat berjalan dengan sebagai mana mestinya, seperti yang diinginkan.
- Efektivitas; merupakan suatu hal yang harus dipertimbangkan secara saksama dalam menyeragamkan perencanaan dengan hasil.
- Produktivitas waktu; merupakan poin penting, dimana pengatur waktu dapat mempertimbangkan dengan cermat, seberapa banyak waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang semaksimal mungkin, yang diinginkan.
Sedemikian pentingnya mengelola time management, agar pada akhirnya 
hasil yang didapatkan dapat menjadi kepuasan, baik terhadap diri sendiri
 maupun orang-orang lain di sekitar, yang terlibat dalam aktivitas 
tersebut.
Terlebih jika peranannya dalam sebuah perusahaan, maka setiap 
aktivitas yang dilakukan dengan maksud untuk mewujudkan sebuah hasil, 
ialah tentunya menjadi konsentrasi banyak pihak. Di sinilah 
sangat pentingnya mengelola time management, agar benar-benar 
mendapatkan hasil yang berkualitas dari pengelolaan waktu yang seefektif
 mungkin.
Baca Juga:
loading...
Komentar
Posting Komentar