Apa Itu Bitcoin? Untuk Para Pemula

Apa Itu Bitcoin? Untuk Para Pemula


Pernah dengar Bitcoin? Atau masih bingung? Jangan khawatir, kali ini kami akan mengulas tentang beberapa hal penting yang perlu Anda ketahui tentang Bitcoin:

Apa itu Bitcoin?



Bitcoin adalah mata uang digital yang tidak diatur oleh negara dan/atau lembaga apapun. Bitcoin adalah mata uang digital yang bisa dikirim melalui internet.

Siapa pembuat Bitcoin?


Sampai saat ini belum ada informasi yang pasti siapa sebenarnya pembuat Bitcoin. Namun, algoritma yang digunakan pada Bitcoin dikembangkan oleh sekelompok grup dengan nama alias “Satoshi Nakamoto”. Grup ini juga merilis jurnal yang menjelaskan tentang algoritma kriptografi tersebut. Kemudian pada tahun 2009, untuk pertama kalinya mereka memperkenalkan sistem jaringan Bitcoin dan cryptocurrency.

Apa kelebihan Bitcoin dibanding mata uang konvensional?


Beberapa kelebihan Bitcoin diantaranya bisa dikirim ke mana saja lewat internet tanpa melalui bank atau lembaga pengirim. Bisa digunakan di negara mana saja dan tidak dapat dibekukan. Serta transaksi Bitcoin dilakukan tanpa syarat dan tidak ada batasan transfer.

Selain itu kelebihan Bitcoin adalah kita bisa memantau semua transaksi yang terjadi. Misalnya transaksi yang dilakukan website Wikileaks. Melalui website Blockchain kita bisa memeriksa dari mana saja Wikileaks mendapat kiriman Bitcoin dan identitas pengirim seperti alamat Bitcoin dan jumlah transaksi yang dikirim.

Apa saja contoh penggunaan Bitcoin?


Bitcoin sudah diadopsi oleh berbagai kalangan, yang kebanyakan adalah website e-commerce. Beberapa diantaranya ada Bitpremier yang menjual barang-barang mewah. Di Indonesia sendiri khususnya Bali, beberapa hotel dan satu co-working space yaitu HUBUD sudah mengadopsi Bitcoin sebagai alat pembayaran.

Bagaimana cara mendapat Bitcoin?


Ada dua cara mendapat Bitcoin. Pertama, membeli Bitcoin langsung dengan menukarkan mata uang resmi dengan Bitcoin. Kedua, Anda bisa mendapatkan Bitcoin dengan cara memasang aplikasi yang disebut Bitcoin miner atau dikenal juga dengan Bitcoin mining (penjelasan di bawah).

Bisa ditukar dengan uang tunai?


Ya, Bitcoin bisa ditukar dengan mata uang resmi. Di Indonesia sendiri ada Bitcoin.co.id yaitu website sebuah Bitcoin exchange yang melayani penukaran mata uang rupiah.

Selain itu ada website bursa Bitcoin lainnya seperti Coinbase

Berapa nilai tukar Bitcoin?


Nilai tukar Bitcoin tidak pasti dan terus berubah-ubah. Saat artikel ini ditulis nilai tukar 1 BTC mencapai Rp 5.730.000. Untuk memantau nilai tukar Bitcoin dengan rupiah Anda bisa mengunjungi website Coindesk.

Mengapa harga tukar Bitcoin jadi mahal?


Nilai tukar Bitcoin sangat tinggi disebabkan karena jumlah Bitcoin yang terbatas sedangkan pengguna (permintaan) Bitcoin sangat banyak, sehingga harganya menjadi mahal. Bahkan tahun lalu sempat mencapai angka USD 1.000 untuk satu Bitcoin.

Berapa jumlah Bitcoin yang beredar?


Algoritma yang digunakan Bitcoin telah dirancang untuk menghasilkan 21 juta Bitcoin hingga tahun 2024. Sampai bulan ini telah beredar sebanyak 13.500.000 Bitcoin jadi tersisa 7.500.000 Bitcoin lagi. Peredaran Bitcoin bisa Anda pantau malalui website Blockchain.

Apakah jumlah itu bisa bertambah?


Karena Bitcoin adalah mata uang yang paling demokratis. Jumlah tersebut bisa bertambah apabila 50 persen ditambah satu pengguna Bitcoin menyetujui untuk menambah jumlah Bitcoin.

Jadi, mengapa kita perlu menggunakan Bitcoin?


Ini adalah pertanyaan dengan jawaban yang subjektif. Menurut kami, Bitcoin dapat membuat transaksi menjadi lebih mudah dan fleksibel. Misalnya, jika ingin mengirim uang dari Indonesia ke luar negeri maka akan melewati beberapa tahap – dan tentu saja pajak – sebelum sampai ke tangan penerima. Sedangkan dengan menggunakan Bitcoin cukup menentukan jumlah dan tujuan penerima Anda bisa langsung mengirim Bitcoin kemana saja, dan yang lebih menyenangkan pajak (ongkos kirim) ditentukan oleh Anda sebagai pengirim.

Selain itu, dengan Bitcoin pengiriman uang jadi fleksibel karena bisa melakukan pengiriman dengan nominal yang sangat kecil. Penggalangan dana yang sedang dilakukan website Wikileaks dapat dijadikan contoh. Ada donatur yang hanya menyumbang 0,0003 BTC atau setara dengan 14 sen.

Lalu, apa itu Bitcoin mining?



Bitcoin mining adalah proses mendapatkan Bitcoin. Untuk bisa melakukan Bitcoin mining, memerlukan komputer canggih yang disebut Application-Specific Integrated Circuit atau disingkat ASIC. Komputer ini digunakan untuk mencari koin baru dengan cara membantu proses transaksi Bitcoin di seluruh dunia.

Bagaimana cara kerja Bitcoin miner?



Sebenarnya cara kerja Bitcoin mining cukup sederhana. Relawan yang memasang software Bitcoin miner atau menggunakan komputer ASIC, akan membantu proses verifikasi transaksi Bitcoin. Dimana verifikasi ini melibatkan proses yang rumit, namun mudah diverifikasi kebenarannya. Relawan pertama yang berhasil memecahkan proses tersebut akan diberikan sejumlah Bitcoin sebagai hadiah.

Namun dalam kenyataannya tidak semudah itu, ada banyak orang dan organisasi yang menambang Bitcoin, jadi apabila hanya bermodalkan komputer biasa maka hal itu merupakan sesuatu yang sia-sia.

Ada pertanyaan atau ingin menambahkan sesuai mengenai Bitcoin? Silahkan tinggalkan komentar!

Baca Juga:
1
2
Review Bidvertiser, Peluang dapat uang dari blog
3
Review Adnow, Peluang dapat uang dari blog
4
Review PayClick, Peluang dapat uang dari blog
5
Review KumpulBlogger.com, Peluang dapat uang dari blog
6
Review BloggerBersatu.com, Peluang dapat uang dan pulsa dari blog
7
Review AdsOptimal, Peluang dapat uang dari blog

loading...


loading...
Apa Itu Bitcoin? Untuk Para Pemula Apa Itu Bitcoin? Untuk Para Pemula Reviewed by My Tim on 07.48 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.