Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik dan Tepat

Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik dan Tepat



Inilah beberapa tips dalam memlih laptop untuk game terbaik agar tidak salah pilih. Seorang gamers pasti meninginkan peforma dan tampilan yang berkualitas ketika sedang memainkan game. Tak jarang mereka harus mengeluarkan uang lebih hanya untuk memenuhi kepuasan mereka saat memainkan game. PC ataupun laptop sekarang ini menjadi pilihan untuk memainkan game – game yang cukup berat, oleh karena itu kali ini saya akan sedikit membagikan tips bagaimana memilih laptop gaming yang baik, baik pada bagian performannya, baik pada stabilitasnya, dan juga baik untuk kantong pembelinya. Oke langsung saja kita ulas satu – persatu tipsnya :
  1. Processor
  2. Perhatikan processor yang digunakan pada laptop yang akan kita pilih, kita dapat memilih processor dari Intel maupun AMD, untuk yang ingin performa yang stabil dan tidak cepat panas saya lebih cenderung menyarankan memilih processor dari Intel, untuk processor dari AMD kualitasnya pun tidak jauh berbeda, dan biasanya harganya cenderung lebih murah dari processor keluaran Intel. Processor laptop keluaran Intel biasanya memiliki dua versi yaitu M untuk “mobile” dan U untuk “ulv”, untuk kelas gaming biasanya menggunakan jenis M karena untuk jenis U biasanya digunakan untuk kebutuhan – kebutuhan ringan saja. Setidaknya pilihlah processor Core i5 keatas untuk laptop kelas gaming. Dan jika memilih AMD sebagai processornya seri yang cocok untuk kelas gaming diantarannya adalah A8, A10, dan FX series.
    Selain jenis prosessor, yang juga tak kalah penting adalah kecepatan prosessor tersebut. Biasanya di tampilkan dalam satuan Ghz. Semakin tinggi angka GHz ini, maka semakin cepat pula kinerja laptop tersebut.
  1. Kartu Grafis atau VGA

  2. Memilih kartu grafis ( graphic card / VGA ) sangat berpengaruh kepada tampilan dan kualitas disaat kita memainkan game, khususnya untuk game – game skala berat. Untuk memastikan tidak salah pilih, pastikan kamu membaca atau mencari tahu terlebih dahulu review – review dari tipe kartu grafis pada laptop yang ingin kamu beli. Kartu grafis dari NVIDIA ataupun AMD adalah yang paling banyak peminatnya, karena kinerjanya baik dan harganya cukup lebih murah.
  3. Perhatikan Ukuran RAM

  4. Pilih laptop gaming dengan kapasitas RAM yang besar, misal 4GB keatas. RAM yang besar juga sangat berpengaruh pada kelancaran, dan juga menunjang kinerja laptop saat digunakan. Jika kapasitas RAM masih dibawah 4GB lebih baik pikir – pikir dahulu sebelum membelinya. Namun juga perhatikan sebelum membeli, apakah laptop tersebut RAM nya bisa di upgrade atau tidak. Karena jika bisa di upgrade, bilaman suatu saat kamu merasakan bahwa RAM yang sudah ada di laptop kamu itu kurang, bisa ditambah lagi. Namun menurut saya, RAM 8GB itu sudah cukup!
  5. Penyimpanan

  6. Media penyimpanan pada laptop, yang kebanyakan berupa harddisk merupakan hal yang juga perlu diperhatikan. Pilihlah harddisk dengan kapasitas yang besar, karena game – game yang akan dimainkan di laptop biasanya membutuhkan resource yang sangat besar, dan juga pertimbangannya adalah kita juga tidak bisa menambah harddisk internal pada laptop, oleh karena itu usahakan cari laptop dengan kapasitas storage yang besar.
    Dan yang terbaru muncul harddisk jenis baru, yakni harddisk SSD. Nah bila Anda dapat membeli laptop dengan harddisk tersebut di dalamnya, maka sudah pasti game yang Anda perhatikan akan terasa well, wkwkwk. Namun harga juga tidak bisa ditampar, tetap saja harga berkata apa adanya dan jujur. :D
  7. Ukuran dan Resolusi Layar

  8. Tampilan pada layar merupakan fokus utama saat bermain game, oleh karena itu ukuran layar yang pas dan juga resolusi layar yang bagus sangat dibutuhkan untuk menunjang keasyikan bermain game. Menurut saya ukuran layar yang pas untuk laptop gaming yaitu sekitar 15.6 inch tetapi ini juga tergantung dari masing – masing individu dalam menentukan tingkat kenyamanannya sendiri – sendiri. Ada tuh, teman saya yang menggunakan lancar tancap juga untuk bermain game. :D
  9. Daya Tahan Baterai

  10. Daya tahan baterai laptop merupakan hal yang sering menjadi masalah, karena digunakan untuk kebutuhan yang memerluhkan kinerja yang berat, baterai laptop gaming menjadi cepat boros. Carilah baterai yang kapasitas penyimpanan dayanya cukup besar. Namun sebesar-besarnya daya baterai laptop, saya rasa akan tetap cepat terkuras habis. Karena jika kita memainkan game, maka semua fitur biasanya mengeluarkan performa tertingginya.
  11. Kualitas Audio Speaker

  12. Kualitas audio yang dihasilkan oleh laptop gaming juga dapat menjadi bahan pertimbangan karena kualitas yang bagus dari audio yang dikeluarkan akan menambah keseruan dalam bermain game. Namun, ini saya rasa juga tidak terlalu penting. Karena kita bisa menambahkan speaker eksternal yang harganya cukup terjangkau. Atau bila dirasa kurang, bisa menggunakan speaker masjid sebelah.
  13. Harga :D

  14. Bila semua hal diatas sudah terpenuhi, maka yang terakhir sekaligus penentu pertandingan ialah harga. Harga yang ditawarkan oleh laptop gaming tidaklah murah, jadi sebaiknya pastikan dengan teliti sebelum membeli, apakah kualitas yang didapat sudah sesuai dengan harga yang dibayarkan. Dan saya sarankan, bila belum mampu untuk membeli laptop gaming, sebaiknya menabung dahulu. sekian

Jika Anda ingin membeli Notebook / Leptop Gaming, berikut saran yang dapat saya beri:

1. DELL Inspiron 15 7566 (Core i5-6300HQ) - Black
DELL Inspiron 15 7566 (Core i5-6300HQ) - Black
2. MSI Notebook GP62M 7RD Non Windows (Core i7-7700HQ Nvidia 1050) - Black
MSI Notebook GP62M 7RD Non Windows (Core i7-7700HQ Nvidia 1050) - Black
3. MSI Notebook (Core i7-7700HQ+NVIDIA 1050) [GL62M 7RD] - Black
MSI Notebook (Core i7-7700HQ+NVIDIA 1050) [GL62M 7RD] - Black
4. MSI Notebook CX62 6QD (Core i7-6700HQ Win 10) - Black
MSI Notebook CX62 6QD (Core i7-6700HQ Win 10) - Black
5. LENOVO IdeaPad Y700-17ISK [80Q00028ID] - Black
LENOVO IdeaPad Y700-17ISK [80Q00028ID] - Black
6. LENOVO IdeaPad Y900-17ISK [80Q1005CID] - Black
LENOVO IdeaPad Y900-17ISK [80Q1005CID] - Black
7. MSI GT72VR 6RE Dominator Pro Tobii (GTX 1070 8GB GDDR5)
MSI GT72VR 6RE Dominator Pro Tobii (GTX 1070 8GB GDDR5)

Sepertinya sudah cukup Tips Memilih Laptop Gaming Terbaik dan Tepat yang saya bagikan kali ini, semoga artikel ini dapat menjadi bahan rujukan yang bermanfaat bagi anda yang ingin atau sedang mencari laptop gaming yang cocok dengan Anda. Sampai ketemu di artikel selanjutnya.

loading...

Komentar