Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman - Part 6

Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman - Part 6


6. Menerapkan Kemampuan


a. Ikutilah kuliah S1. Meskipun sebenarnya tidak harus, kuliah S1 di universitas akan membuat Anda terekspos pada berbagai bahasa, dan membantu Anda memperluas jaringan profesional dan siswa lain. Metode ini tentunya bukan untuk siapa saja, dan banyak pemrogram sukses tidak pernah kuliah di institusi resmi.

b. Buatlah portfolio. Setelah Anda membuat program dan memperluas pengetahuan, pastikan hasil karya terbaik Anda tersimpan dalam portfolio. Anda bisa menampilkan portfolio Anda pada pewawancara dan calon bos Anda sebagai contoh hasil kerja Anda. Pastikan Anda menampilkan hasil kerja Anda di waktu senggang Anda, dan Anda diizinkan untuk mengikutsertakan hasil pekerjaan Anda untuk perusahaan tempat Anda bekerja.

c. Dapatkan pekerjaan lepas. Ada banyak prospek kerja lepas bagi pemrogram, terutama pembuat aplikasi ponsel. Cobalah membuat beberapa aplikasi untuk mengerti bagaimana cara kerja mengembangkan aplikasi komersial. Seringkali, Anda bisa menggunakan hasil kerja lepas Anda untuk membangun portfolio dan mengarahkan ke karya Anda yang sudah dipublikasikan.

d. Kembangkan program komersial atau gratis. Anda tidak perlu bekerja pada orang lain untuk mendapat uang dari pemrograman. Jika Anda bisa memprogram, Anda bisa membuat perangkat lunak sendiri dan merilisnya melalui situs atau pasar lain. Bersiaplah untuk menyediakan dukungan untuk aplikasi yang Anda rilis secara komersial, karena pembeli mengharapkan aplikasinya bekerja.
  • Aplikasi gratis adalah cara yang populer untuk menyebarkan program atau perkakas kecil. Pengembang tidak akan mendapat uang, namun mendapat nama baik dan pengembang akan lebih terlihat di komunitas.

Lanjut ke........
Baca Juga:  Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman - Part 5

Tips

  • Jika Anda tertarik mengembangkan permainan, cobalah Python, C++, atau Java. Dari ketiganya, C++ menghasilkan performa terbaik, Python adalah bahasa yang paling mudah dipelajari, dan Java bisa dijalankan di Windows, Mac, dan Linux tanpa perubahan.
  • Pelajari tentang perangkat lunak gratis dan kode sumber program yang tersedia di Free software directory. Mengapa membuat program baru jika Anda bisa memperbaiki program yang sudah ada? Namun, pastikan Anda mengerti apa yang Anda program.
  • Untuk kebanyakan orang, membuat program yang menarik atau dapat digunakan lebih menarik daripada mengikuti contoh pada buku. Gunakan mesin pencari untuk menemukan proyek yang menarik minat Anda.
  • Saat Anda mempelajari sesuatu yang baru, sebaiknya Anda menerapkannya sendiri dan mengubah desainnya, untuk dapat memperkirakan hasilnya dan memahami konsep.
  • Gunakan antarmuka pemrograman yang baru dan referensi yang tersedia dari pembuat perangkat lunak.
  • Referensi tersedia untuk menolong Anda. Jangan malu jika Anda tidak bisa mengingat semua kode dalam hati, karena penguasaan perlu waktu. Yang penting, Anda tahu di mana Anda bisa menemukan referensi.
  • Untuk latihan, cobalah mengajari orang. Bukan saja Anda menjadi lebih kompeten, Anda juga akan dapat berpikir dari berbagai persepsi.

loading...


loading...
Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman - Part 6 Cara Mempelajari Bahasa Pemrograman - Part 6 Reviewed by My Tim on 15.08 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.