Jenis - Jenis Wallet Bitcoin

Jenis - Jenis Wallet Bitcoin


bitcoin.co.id

Sebelum menggunakan Bitcoin, anda harus membuat wallet (dompet) terlebih dahulu untuk menyimpan Bitcoinnya. Wallet bitcoin ada 3 macam, setiap wallet mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri, jadi anda tinggal pilih lebih suka pakai yang mana (¬‿¬).
Software Wallet,  adalah wallet yang harus di instal di komputer anda sendiri :
  1. Bitcoin-QT (software original, memakan banyak resource)
  2. Multibit (cepat)
  3. Armory (upgrade dari Bitcoin-QT, lebih advanced)
  4. Electrum (paling cepat, simpel, tapi fitur terbatas)
Wallet tipe ini memliki kelebihan, karena di instal di komputer kita sendiri Private Key nya juga kita yang pegang bukan orang lain , jadi apa bila kita tidak ada umur kita bisa mewariskan Private Key tersebut kepada anak atau cucu untuk di cairkan menjadi Bitcoin. Berbeda jika menggunakan wallet berbasis web atau mobile , jika website tersebut scam atau tutup usia kita akan kehilangan seluruh aset Bitcoin di website itu, loh ko bisa ? hal itu dikarenakan yang memegang Private Key walletnya bukan anda tetapi pihak ketiga (website tersebut) jika website nya hilang begitupun Private Key nya pun ikut hilang terbawa arus sungai. Akan tetapi jenis wallet ini agak ribet dalam proses instalasinya karena membutuhkan source code dan waktu synchrone dengan server yang sangat lama, otomatis akan memakan banyak waktu.
Mobile Wallet, adalah wallet yang bisa di install di Smartphone, antara lain :
  1. Bitcoin Wallet (Android)
  2. Bitcoin Wallet (Blackberry)
  3. Blockchain for the iPhone (hybrid mobile+web wallet)
  4. Coinbase iPhone & Android (hybrid mobile+web wallet)
Wallet tipe ini biasanya banyak digunakan untuk membeli sesuatu di dunia nyata, karena sifatnya yang portable alias bisa di bawa kemana - mana seperti membeli makanan, pakaian, perhiasan, pulsa handphone, dan berbagai macam kebutuhan hidup lainnya. yang menerima pembayaran via Bitcoin, cara menggunakannya pun sangat mudah anda tinggal menulis berapa Bitcoin yang akan dibayarkan lalu scan barcode wallet milik penjual dan pembayaran anda pun selesai. akan tetapi wallet jenis ini memiliki kekurangan, jika smartphone anda kehabisan baterai/mati anda tidak bisa berbuat apa - apa ≧◡≦.
Web Wallet, adalah wallet yang tersimpan di server pihak ketiga, yaitu perusahaan yang menyediakan jasa penyimpanan bitcoin. Menggunakan web wallet artinya mempercayakan bitcoin kepada pihak lain. Pilihan yang ada sekarang:
  1. Blockchain
  2. Coinbase
  3. Block
  4. Xapo
  5. Bitcoin.co.id
Wallet tipe ini paling banyak digunakan karena simple tidak membutuhkan instalasi seperti tipe Software Wallet, cukup mendaftar di website tersebut dan anda pun bisa langsung mendapatkan wallet untuk menyimpan Bitcoin. Akan tetapi apabila suatu saat website tersebut scam otomatis seluruh aset Bitcoin anda pun akan hilang :D jadi pilihlah yang benar - benar terpercaya jika anda ingin menyimpan Bitcoin di wallet berbasis web.
Di dalam wallet Anda akan menemukan Bitcoin Address. Bitcoin Address adalah ID yang digunakan untuk bertransaksi dengan orang lain, konsepnya sama seperti email yang digunakan untuk transaksi paypal. Jika Anda ingin transfer bitcoin ke orang lain, Anda perlu mendapatkan Bitcoin Address dari lawan transaksi Anda. Bitcoin Address bisa di-generate sebanyak mungkin di dalam Wallet. tapi tergantung kebijakan dari penyedia layanan tersebut karena tidak semua penyedia wallet berbasis web membebaskan penggunanya generate banyak wallet ada juga yang dibatasi sampai 100 wallet saja.
Contoh Bitcoin Address : 13UCywW8fHBH9PYWu9xWXLZ9xVJqiVqgAR
Keamanan Wallet

Jika Anda memilih wallet software atau mobile, Anda harus ekstra hati-hati! Ingat bahwa Bitcoin tersimpan di dalam perangkat Anda. Jika komputer atau handphone Anda rusak, berarti bitcoin Anda juga hilang! Pencuri juga dapat mengambil bitcoin anda jika mendapatkan akses. Perhatikan tips berikut agar terhindar dari kehilangan:
  1. Lakukan Full Backup Secara Berkala, simpan backup di perangkat lain seperti di flashdisk atau komputer lain.
  2. Gunakan Fitur Enkripsi, dengan Enkripsi setiap transaksi membutuhkan login dengan password. Ini mencegah pencuri yang berhasil mendapatkan akses ke komputer Anda.
  3. Jangan Lupa Password, kehilangan password sama dengan kehilangan uang Anda! Wallet offline tidak menyediakan fitur forget password.

Baca Juga:
1
2
Alternatif Adsense Terbaik
3
Rekomendasi situs PTC Terbaik
4
4 Situs Pemendek Url Berbayar Terbaik
5
AdNow Vs PayClick, Peluang dapat uang dari blog
6
CPMAffiliation Vs ShmokiAds, Dapat uang dari blog
7
Popcash Vs PopAds, Dapat uang dari blog

Komentar