Mengapa Bitcoin Tidak Bisa Mati?

https://www.winmarket.id/?b=60b16838

Mengapa Bitcoin Tidak Bisa Mati?



Bitcoin sudah beberapa kali mengalami kejatuhan. Sejak dipublikasi pada tahun 2009, Bitcoin mengalami banyak serangan cyber secara masif, kegiatan scam, dan kejatuhan harga. Pernah pada tahun 2011 harga 1 BTC naik hingga 31.91 USD, kemudian turun sampai di bawah 2 USD. Sekarang pada saat artikel ini ditulis, 1 Bitcoin diapresiasi 122 USD.

Di artikel berikut ini diungkapkan beberapa alasan mengapa bitcoin terus bertahan: http://www.theverge.com/2013/5/21/4348064/why-wont-bitcoin-die

Dan berikut ulasan yang saya dasarkan pada isi artikel diatas:

Mengapa Bitcoin tidak mati?


Mata uang virtual telah mengalami banyak pengalaman menjelang kematian dalam empat tahun kehidupannya yang singkat, namun terus berlanjut hingga sekarang.

Saya mengikuti Konferensi dan Pameran Dunia Bitcoin pertama, yang diadakan di ruang pertemuan lantai dua di sebuah hotel di tengah kota Manhattan, pada hari Sabtu di bulan Agustus 2011. Mata uang virtual tersebut menghasilkan ekonomi alternatif senilai sekitar $ 81 juta USD. Sekitar 75 peserta, kebanyakan programmer berambut panjang dan cypherpunks yang pucat, berasal dari Swiss. Setelah berunding, kami mengambil foto kelompok.

Ekonomi Bitcoin sekarang bernilai lebih dari $ 1 milyar USD. Lebih dari 1.000 orang muncul akhir pekan lalu di San Jose McEnery Convention Center untuk Bitcoin 2013, sebuah perselingkuhan yang jauh lebih profesional yang diselenggarakan oleh Yayasan Bitcoin non-profit. Bitcoiners yang beraneka ragam mengerumuni stand pameran dagang pada Jumat malam, mencengkeram anggur dalam cangkir plastik bening, saat seorang komedian membuka konvensi tersebut untuk resepsi yang hangat. "Demokrat, ribut!" Teriaknya. Bertepuk tangan kecil "Republikan, ribut!" Terdengar suara lain. Dia tampak bingung sampai seorang penyok menyarankan sebuah kelompok ketiga. "Libertarian, ribut!" Para penonton menderu.

Bitcoin 2013 memiliki empat track speaker, melayani makan siang, dan pesta dengan bar terbuka. Bahkan ada keynote selebriti yang diberikan oleh Cameron dan Tyler Winklevoss, kembar atletik yang terkenal oleh The Social Network, yang baru-baru ini membeli 1 persen dari semua Bitcoin yang beredar.

Si kembar naik panggung sekitar pukul 20.30, pada saat itu kerumunan orang begitu dilumasi sehingga obrolan yang membosankan terus berlanjut sepanjang pembicaraan. Cameron mengenakan kemeja biru dan celana hitam. Tyler mengenakan kemeja hitam dan celana hitam. Mereka membandingkan Bitcoin dengan mobil, voice over IP, dan Amazon.com, semua teknologi yang mengganggu dengan kurva adopsi yang curam.

"Apakah kalian ingat Horton Hears a Who?" Tanya Cameron, mengacu pada buku Dr. Seuss dimana seekor gajah dikucilkan setelah menemukan sebuah ras mikroskopis yang tinggal di planet berukuran debu yang disebut Whoville. "Semua orang di sini mendengar Who."

Evolusi


Sekarang ada $ 45 juta aktivitas Bitcoin per hari, dan ini membuat beberapa orang kaya. Kekayaan beredar seputar konferensi dalam bentuk taruhan Bitcoin yang kasual, tagihan 100 dolar dimasukkan ke ATM Bitcoin, dan setidaknya satu pacar terbungkus couture.

"Jika saya jadi Anda, saya akan membeli Bitcoin sebanyak mungkin sebelum akhir konferensi," Cedric Dahl, salah satu pendiri pertukaran Bitcoin Buttercoin, mengatakan kepada saya, mengisyaratkan bahwa harga akan meroket lagi karena semua perhatian pada konferensi; CNN, Russia Today, Vice, dan Thomson Reuters termasuk di antara media yang hadir.

Itu belum terjadi. Pada Selasa pagi, harga sebuah Bitcoin stabil sekitar $ 120. Itu masih mengherankan tinggi untuk mata uang yang bergantung pada setumpuk kode misterius dan jaringan pembantu anonim sebagai pengganti pemerintah pusat.

Sebenarnya, sangat mengherankan kalau Bitcoin masih ada. Mata uang ini memiliki beberapa pengalaman menjelang kematian dalam kehidupannya yang singkat dan menerima sejumlah obituari prematur. Ini telah bertahan dari serangan cyber besar, penipuan, panik teknis, dan fluktuasi harga yang ekstrem. Pada bulan Juli 2010, ditemukan bug yang memungkinkan seseorang untuk menghabiskan Bitcoin orang lain. Itu sudah diperbaiki. Pada musim panas tahun 2011, ketika media mainstream pertama kali menemukan Bitcoin, mata uang tersebut melonjak menjadi $ 31,91; empat bulan kemudian, jatuh di bawah $ 2. Lalu mulai memanjat lagi.

Campuran kompetensi di tengah kekacauan mengingatkan saya pada eksperimen humanis lainnya: pendudukan Occupy Wall Street awal, yang memiliki konstituen yang tumpang tindih. Seperti Bitcoin, Occupy Wall Street menarik banyak elemen pinggiran, namun organisasinya adalah revolusioner berkepala jangkung. Untuk setiap komplikasi yang muncul di kota tenda Wall Street, sebuah komite akan membentuk dan menanganinya. Ketika Walikota Michael Bloomberg mengumumkan bahwa taman tersebut harus ditutup agar bisa dibersihkan, penjajah membeli sapu dan scrub dan membersihkan taman itu sendiri. Mereka memiliki kegigihan semut.

Tapi suatu malam, Kepolisian Kota New York menyapu tepat pukul 01:00 dan menghancurkan kamp tersebut. Itulah akhir pendudukan. Pergerakan itu bertahan dalam potongan-potongan dan buku-buku sejarah, tapi tidak pernah pulih sepenuhnya.

Setelah semua perselisihan itu, saya mengharapkan sesuatu yang serupa terjadi di komunitas Bitcoin. Suatu hari, akan ada malapetaka yang sangat menghancurkan untuk pulih dari; Beberapa orang akan mengambil potongan tapi sebagian besar akan kehilangan minat. Sebagai gantinya, Bitcoin telah pulih dari segala kemunduran yang lebih kuat dari sebelumnya.

Bagaimana Bitcoin berhasil menghindari pemusnahan oleh pemerintah, hacker, dan overhype? Bagaimana hal itu menghindari "kematian internal yang lambat", seperti yang dikatakan ekonom Garrick Hileman, yang menghancurkan sistem barter Inggris yang LEBIH? Bagaimana cara terus merayu pengguna baru, sekaligus menjaga base terpesona? Mengapa Bitcoin tidak mati?

Saya memutuskan untuk berkeliling konferensi dan bertanya.

Matematika


"Karena itu matematika, Anda tidak bisa membunuh matematika," jelas salah satu dari Bitcoiners yang menaiki stan Shirtoshi, yang menjual kaos dengan slogan seperti, "Bitcoin Billionaire," "RUN BTC," dan "Bitcoin adalah masa depan."

Matematika, atau kecerdikan yang mendasari protokol Bitcoin, adalah bagian besar dari alasan ketahanannya. Bitcoin pada dasarnya adalah sistem buku besar di mana setiap transaksi dalam ekonomi harus dicatat dalam catatan publik pusat yang disebut blockchain. Transaksi baru diperiksa terhadap blockchain untuk memastikan pengguna tertentu tidak mencoba menghabiskan Bitcoin sebelumnya, sehingga menghilangkan masalah "pembelanjaan ganda". Sistem bergantung pada pengguna untuk menyediakan daya komputasi untuk melakukan logging dan pengecekan ini. Pengguna ini disebut penambang karena mereka diberi imbalan atas pekerjaan mereka dengan Bitcoin baru; Ini juga berarti jumlah uang beredar akan meningkat secara bertahap sampai mencapai tutup 21 juta. Setelah itu terjadi, penambang akan diberi kompensasi dengan biaya transaksi seperti yang dibebankan oleh PayPal atau Visa.

Satoshi Nakamoto, pemrogram pseudonim (atau pemrogram) yang menemukan Bitcoin dan mengorganisir komunitas asli pasti menderita karena fitur ekonomi dan teknisnya. Bitcoin adalah deflasi, yang sangat langka untuk mata uang - satu-satunya analog adalah emas dan perak. Bitcoin dapat dibagi menjadi delapan tempat desimal, jadi Bitcoin tunggal pada akhirnya bisa seperti tagihan $ 1.000, dengan kebanyakan transaksi dilakukan dalam denominasi yang lebih kecil. Seperibu juta Bitcoin, unit terkecil, disebut "satoshi."

Jika Bitcoin adalah seseorang, itu akan "sangat solid, sangat kuat.
Sama seperti, pemimpin alami."

Bitcoin lahir pada tanggal 3 Januari 2009, pukul 06.15 waktu Greenwich Mean Time, yaitu saat Satoshi Nakamoto menambang 50 koin pertama, yang dikenal sebagai "blok genesis." Salah satu peserta di Bitcoin 2013 menawarkan untuk membaca diagram astrologi mata uang untuk saya. Tanda matahari Bitcoin adalah Capricorn, yang berarti inovator. Tanda Mars-nya juga ada di Capricorn, yang berarti orang menyukainya. Matahari dan Mars saling berdekatan di langit pada malam kelahiran Bitcoin, yang memberi energi dan kekuatan. Jika Bitcoin adalah seseorang, dia berkata, itu akan "benar-benar solid, sangat kuat. Sama seperti, pemimpin alami."

Desain Bitcoin memiliki kekurangan, namun kode aslinya cukup bagus untuk menarik perhatian pemrogram seperti Jeff Garzik, seorang coder di Red Hat, dan Gavin Andresen, pengembang perangkat lunak di University of Massachusetts, untuk mengerjakannya secara gratis. Fundamentalnya kuat: transparansi menciptakan kepercayaan; jaringan pengguna diganti dengan otoritas pusat; dan deflasi built-in membatalkan inflasi tidak langsung yang bisa mendevaluasi mata uang. Kapan pun timbul masalah, anggota komunitas bekerja sama untuk memperbaikinya. Setiap orang yang telah mencoba menemukan kelemahan fatal di Bitcoin, termasuk peneliti keamanan terkenal Dan Kaminsky, telah gagal.

Garrick Hileman, yang sedang mengerjakan PhD dan mengajar di London School of Economics, memberikan ceramah di konferensi tentang sejarah mata uang alternatif dan mengapa mereka gagal. Dia pikir Bitcoin dilakukan setelah mengalami kecelakaan besar tahun lalu, tapi sekarang dia bullish (meski dia belum membelinya, untuk mempertahankan netralitas akademisnya).

"Ada sesuatu yang sangat spesial dari protokol dasarnya, dan juga orang-orang yang mengerjakannya, dan etos dari komunitas Bitcoin," katanya. Dia menunjuk pada krisis terbaru, di mana upgrade ke perangkat lunak Bitcoin tidak diadopsi secara universal, menciptakan "garpu rantai" dengan dua versi bentrok dari blockchain. Ini berpotensi bencana, karena meniadakan upaya perlindungan terhadap pengeluaran Bitcoin yang sama dua kali. Pemimpin di Bitcoin Foundation, hal yang paling dekat yang dimiliki Bitcoin kepada pemerintah, membuat para penambang menggunakan rantai "benar".

"Ini mengingatkan saya pada tajuk utama ulasan hotel ini untuk The Bowery, di mana saya tinggal di New York minggu depan: 'Mencoba membencinya, tidak bisa membencinya,'" kata Hileman. "Anda tidak bisa menahan Bitcoin."

Pertumbuhan ( Growth )




Si kembar Winklevoss menyusun presentasi mereka di seputar kutipan yang dikaitkan dengan Gandhi: "Pertama, mereka mengabaikan Anda, lalu mereka menertawakan Anda, kemudian mereka melawan Anda, kemudian Anda menang."

Bitcoin tidak bisa lagi diabaikan. Mula-mula, daya tarik itu mitos: Anonim jenius menciptakan mata uang yang dibangun untuk meniru uang di internet, lalu lenyap tanpa jejak. "Ini adalah cerita yang bagus, ini adalah dunia yang menyenangkan," penulis komedi Nick Douglas mengatakan kepada saya pada bulan Juni 2011. "Saya suka membayangkan cerita seperti Bitcoin, pasar Libertarian dan penjahat."

Sejak itu, ekonomi Bitcoin tumbuh di setiap sektor. Pasar gelap Silk Road, yang secara eksklusif menerima Bitcoin, sekitar 36 kali lebih besar dari itu; jumlah orang yang membuka akun Bitcoin baru telah meningkat sekitar jumlah yang sama. Lebih banyak pedagang menerima Bitcoin untuk barang dan jasa, dengan layanan pembayaran seperti BitPay dan BitInstant melaporkan volume bulanan multi juta dolar. Inkubator bisnis Combinator Y yang bergengsi baru saja menerima Buttercoin sebagai startup Bitcoin keduanya, dan lebih banyak investor Lembah Silikon masuk ke dalam permainan. Spekulan juga melonjak di Bitcoin, mendorong harga naik lebih dari $ 237, sampai jatuh ke sekitar $ 120. Satu bar Manhattan yang mulai menggunakan Bitcoin lima minggu yang lalu telah melakukan penjualan lebih dari $ 20.000 dalam mata uang elektronik tersebut.

Pembentukan telah memperhatikan. Setiap media utama mengambil berita saat harga melonjak di bulan April; CNBC bahkan menambahkan ticker harga Bitcoin. Departemen Keuangan mengumumkan bahwa bisnis Bitcoin diminta untuk mendaftar ke pemerintah. Bahkan PayPal, salah satu institusi yang ingin digantikan Bitcoiners, melambungkan gagasan untuk menambahkan dukungan untuk e-currency.

Tapi pada jalur empat langkah Mahatma Gandhi (mungkin apokrif) untuk mengubah, Bitcoin masih terjebak di suatu tempat antara ditertawakan dan diperangi. Ekonom pemenang hadiah Nobel Paul Krugman baru-baru ini menyebutnya "menghibur." Sementara itu, Mt. Pertukaran Gox Bitcoin, yang sampai saat ini menguasai 76 persen perdagangan global, memiliki dua rekening bank yang disita oleh Department of Homeland Security (DHS).

Meskipun Mt. Masalah Gox dengan DHS, tidak ada rasa penganiayaan di Bitcoin 2013. Tidak banyak diskusi tentang Mt. Gox, yang tidak mengirim perwakilan apapun karena masalahnya dengan DHS dan tuntutan hukum sebesar $ 75 juta dengan salah satu mitranya, Coinlab.

Mengingat Mt. Peran Gox yang berlebihan dalam ekonomi Bitcoin, saya terkejut bahwa tidak ada seorang pun di konferensi tersebut yang berbicara tentang Goliat yang tidak hadir. Perusahaan 18 orang yang berbasis di Tokyo, Mt. Gox kemungkinan merupakan perusahaan Bitcoin yang paling menguntungkan, memproses sekitar $ 6 juta dalam perdagangan Bitcoin per hari. Namun, Mt. Gox telah berjuang karena pertumbuhan eksplosifnya sendiri, dan sekarang dianggap sebagai hambatan monopoli yang lamban terhadap ekonomi Bitcoin.

Saat ditanya, peserta sepertinya merasa bahwa jika Mt. Gox ditutup, itu akan menjadi hal yang baik. Sebenarnya, Mt. Pengganti Gox mungkin sudah di jalan. Saya bertemu dengan pengusaha yang memulai pertukaran Bitcoin baru seperti Buttercoin, Kraken, dan Tradehill yang dihidupkan kembali.

Fantasi


Bitcoin cenderung menarik orang dan berpegang pada mereka, menginduksi mereka menjadi dunia alternatif yang diperintah oleh para pakar komputer dan idealis. Sudah umum bagi orang untuk mengatakan bahwa setelah mengetahui tentang Bitcoin, mereka tidak dapat tidur karena mereka tidak dapat berhenti memikirkannya.

"Jika Anda pernah membaca sci-fi, ini seperti kepercayaan," kata Jeff Garzik, pengembang Bitcoin awal yang memindahkan keluarganya dari Raleigh ke Atlanta untuk bekerja di BitPay.

Mata uang galaksi neutral adalah kiasan umum dalam fiksi, dan Bitcoin adalah manifestasi pertamanya di luar videogame. Garzik memberi isyarat ke arah beberapa perangkat keras yang menjajakan kartu USB ukuran dompet yang dirancang untuk menampung Bitcoin. "Ini seperti memberi seseorang tongkat kepercayaan Anda," katanya sambil cekikikan.

Mudah untuk melihat bagaimana memerankan fiksi ilmiah akan menarik perhatian orang banyak ini. Saya melihat Bitcoiners mengisap e-rokok dan kalung olahraga yang terbuat dari koin Casascius, koin asli yang terbuat dari kuningan dan emas yang berisi kunci privat untuk Bitcoin digital sambil melemparkan sekitar istilah ekonomi baru: "pertambangan," "hashing," " blok hadiah. "

Tapi sci-fi hanyalah salah satu dari banyak kenyataan yang bisa dibayangkan dengan Bitcoin. Saya berkeliaran di meja makan Bitcoiners yang sedang makan sarapan pada hari Minggu, menangkap sedikit percakapan: "Kami tidak dapat terus meneriakkan bank," "Minat saya beralih ke Bitcoin untuk negosiasi sengketa." Lembaga Seasteading, organisasi yang ingin mendirikan komunitas utopis di kapal laut di perairan internasional, memiliki sebuah stan di lantai pertunjukan. Setelah satu pembicara ditanya pertanyaan tentang tentang membayar pajak di Bitcoin, seorang penjahat berteriak, "Gunakan Bitcoin untuk menghindari pajak!"

Sulit dipercaya bahwa Bitcoin bisa menjadi segalanya bagi banyak kelompok orang. Saat makan siang, saya duduk di antara petinju super-truther 9/11 Sander Hicks dan seorang pengembang Argentina yang harus tinggal dengan kontrol modal kasar pemerintahnya. Selama konferensi, pengusaha Dmitry Murashchik membangun sebuah situs web, "Mengapa Bitcoin tidak berharga?" yang menyajikan jawaban dari, "Anda dapat menggunakannya untuk akuntansi triple-entry, yang memiliki potensi untuk mengubah keuangan sebanyak penemuan akuntansi double-entry" menjadi sederhana "Cyprus."

Terlepas dari semua omong kosong, sebagian besar potensi revolusioner Bitcoin masih tidak terkunci. Saat ini, Bitcoin hanya penting dalam beberapa situasi: membeli barang selundupan di Silk Road, dan menghasilkan uang dengan berspekulasi mengenai mata uang baru yang mudah berubah.

Philosophy


Seharusnya ada banyak bankir di Bitcoin 2013, tapi saya baru bertemu satu, seorang New York berusia 24 tahun yang bekerja untuk salah satu bank investasi terbesar di dunia. "Saya seorang pedagang, saya membuat omong kosong naik turun," katanya, dengan cara mengenalkan. Dia meminta agar saya tidak menggunakan namanya atau nama banknya karena profil tinggi majikannya.

Kami berdiri di sekelompok kecil Bitcoiners di teras bar hotel Hilton tempat pertukaran Tradehill menjadi tuan rumah afterparty dengan minuman gratis dan cupcakes kecil berlapis Bitcoin.

"Satu-satunya yang pernah saya lihat perdagangan seperti ini atau bergerak seperti ini adalah infeksi," kata pedagang, yang belajar biologi. "Masukkan satu bakteri ke dalam nampan makanan dan digandakan dan digandakan dan digandakan dua kali lipat, dan akhirnya memakan semua makanan. Kemudian bayangkan makanan masuk ke dalam sistem. Satu-satunya hal yang saya lihat bergerak cepat adalah virus. "

"Anda tidak bisa menghentikan kemajuan," kata Marak Squires, seorang coder dan pengusaha yang mengatakan "satu-satunya penyesalan dalam hidupnya" tidak membeli Bitcoin lebih banyak saat harganya murah. Squires membandingkan Bitcoin dengan senjata cetak 3D milik Cody Wilson dan Defense Distributed: setelah desain diunggah ke internet, pemerintah tidak memiliki kesempatan untuk menghapusnya.

"Bitcoin itu ekstra legal," kata pedagang itu. "Itu hanya mati jika Anda mematikan internet."

Tidak semua orang setuju. "Bitcoin sudah mati, Anda berkumpul di antara para zombie," kata Jack Alderson, seorang pengusaha yang melakukannya dengan sangat baik di Bitcoin namun mengakui bahwa dia sekarang terlibat dalam beberapa tuntutan hukum karena hal itu. "Pernahkah Anda mendengar tentang Ripple?" Dia bertanya.

Ripple adalah salah satu dari banyak sistem mata uang virtual yang muncul setelah pendakian Bitcoin. Ada juga sekian Bitcoin forks, salinan kode Bitcoin dengan beberapa variasi, termasuk Litecoin, Namecoin, dan TerraCoin. Ada juga add-ons seperti Zerocoin, yang didesain untuk membuat Bitcoin lebih anonim. Semua ini tidak mendapatkan daya tarik yang signifikan, tapi yang baru nampaknya selalu muncul.

"Apa definisi kematian Bitcoin?" kata Mike Caldwell, pencipta Casascius Coins. "Bitcoin adalah dua hal, ini adalah sebuah komunitas, dan ini adalah sebuah teknologi. Satu-satunya cara bagi Bitcoin untuk mati adalah agar orang kehilangan minat untuk menggunakannya. Tidak peduli apa serangannya, selalu ada jalan di sekitar mereka. Bitcoin hanyalah perwujudan hari ini dari gagasan bahwa kita sekarang memiliki teknologi untuk mendemokratisasikan uang. Selama ada permintaan untuk itu, satu-satunya cara saya melihat Bitcoin sekarat adalah agar pendahulunya menjadi pendahulunya terhadap sesuatu yang lain yang melakukan pekerjaan yang lebih baik. . "

Kemajuan?


Itu tidak berarti Bitcoin sudah jelas. E-currency tidak pernah terkena serangan penuh dari regulator, dan preseden untuk mata uang virtual yang bertabrakan dengan pemerintah AS tidak baik.

Ada juga kebodohan yang mengganggu komunitas Bitcoin, di mana setiap orang bersikap bullish seperti dapat terjadi. "Seseorang akan menjadi kaya tahun ini," Peter Vessenes, direktur eksekutif Bitcoin, mengatakan dalam pembukaan intinya. Dokumenter Bitcoin yang diolok-olok pada konferensi tersebut disebut The Rise and Rise of Bitcoin. Semua orang berbicara tentang bagaimana harganya hanya naik. Bitcoiner Tuur Demeester, penulis sebuah buletin keuangan, memberi ceramah di mana dia memproyeksikan sejumlah skenario di mana harga Bitcoin bisa melebihi $ 1.000, seperti hedge fund yang melakukan 1 persen dari portofolio mereka. "Makanya menurutku rasio risalah risiko itu luar biasa," katanya. "Setiap orang harus memiliki setidaknya beberapa Bitcoin." Dia tidak membahas skenario apapun yang mungkin menyebabkan harga turun.

Komunitas Bitcoin juga sangat jantan, ketidakseimbangan yang memberi naluri ketidakstabilan dan mencerminkan susunan industri keuangan yang memicu krisis keuangan tahun 2008. Isu gender muncul berulang kali saat krisis tersebut tidak diulang. Periset mencatat bahwa pria tidak memiliki keengganan risiko dan cenderung menyukai "abstraksi cepat dan jangka pendek," yang menunjukkan bahwa krisis tersebut mungkin merupakan gejala terlalu banyak testosteron.

Meski begitu, Bitcoin telah menarik para pelayan yang baik hati seperti Gavin Andresen, programmer teliti, pembicara berkepala dingin, dan orang-orang hebat yang sekarang memimpin pengembangan protokol inti Bitcoin secara penuh. Tanggung jawab untuk proyek Bitcoin jatuh ke Andresen pada bulan April 2011 saat Satoshi Nakamoto mengumumkan sudah waktunya untuk beralih ke hal lain, menghilang dari forum, dan berhenti merespons email.

"Bitcoin selalu maju tiga langkah, dua langkah mundur sejak saya terlibat," kata Andresen dalam ceramah "State of the Union" di Bitcoin 2013. Dia memasang slide seorang wanita di roller coaster, mewakili "kekacauan dan drama" yang mewabah di Bitcoin.

"Saya kebetulan menikmati roller coaster," katanya. "Menarik untuk melihat seberapa banyak orang menikmati roller coaster, dan apa yang terjadi saat roller coaster ride berhenti."

Jika Anda tertarik untuk memiliki dan berdagang berbagai jenis cryptocurrency, Anda bisa memulainya dengan bertransaksi menggunakan Rupiah tanpa membayar biaya transaksi sedikitpun di Disini, Daftar di Bitcoin.co.id sekarang.

Baca Juga: 
1
2
Jaringan iklan untuk hasilkan uang dengan bloggerDaftar CPM (Cost Per Million) Terbaik
3
Review Ad Networks Terbaik Dan Hasilkan Uang Dari Blog atau Website
4
Daftar jaringan periklanan popup dan popunder
5
Daftar Paid To Promote Terbaik
6
Daftar Short Url Terbaik
7
Daftar Jaringan Periklanan Indonesia Untuk Blogger yang Membayar

Previous
Next Post »