Apa Itu Ethereum ?

Apa Itu Ethereum ?


Ethereum sebenarnya sangat mirip dengan Bitcoin. Ethereum adalah jaringan peer-to-peer publik atau blockchain dengan mata uang digitalnya sendiri yang disebut Ether. Ethereum diciptakan oleh Vitalik Buterin pada tahun 2014 dan tujuan Ethereum adalah untuk menjadi platform dimana smart contracts dapat diciptakan dan dijalankan.

Sederhananya, tujuan Ethereum adalah untuk menjadi komputer dunia.

Bitcoin lebih ditujukan untuk menyimpan daftar saldo dan transaksi di blockchainnya, sementara blockchain Ethereum dirancang untuk menyimpan berbagai jenis data. Data ini bisa diakses dan digunakan oleh program-program komputer yang berjalan di blockchain Ethereum. Program-program ini disebut aplikasi terdesentralisasi, atau dapps.

Sebagai ilustrasi, email adalah salah satu aplikasi yang bisa dijalankan di Internet, tetapi masih banyak fungsi aplikasi lain yang bisa dijalankan di Internet. Demikianlah perbedaan Bitcoin dan Ethereum, Bitcoin bertujuan untuk menjadi medium penyimpan kekayaan, emas digital,dan akhirnya menjadi mata uang yang diadopsi secara global yang dapat memperbaiki atau mengganti uang konvensional hingga batas tertentu. Tujuan Ethereum adalah menjadi platform yang bisa digunakan oleh smart contracts dan aplikasi terdesentralisasi. Perbedaan terbesar Bitcoin dan Ethereum adalah tujuan mereka.

Pengembang di seluruh dunia dapat membangun dan menjalankan aplikasi terdesentralisasi pada blockchain Ethereum. Tujuannya adalah untuk memperbaiki industri keuangan, penyimpanan informasi pribadi, tata kelola dengan berbagai kegunaan lainnya dengan menggunakan sifat transparan blockchain.

Ethereum direncanakan untuk menjadi komputer dunia.

Contoh Aplikasi Ethereum

Jadi sekarang kita telah mempelajari bahwa Bitcoin utamanya digunakan untuk men-transfer uang elektronik secara peer-to-peer. Sedangkan Ethereum bisa digunaan untuk menjalankan aplikasi apapun, termasuk salah satunya transfer uang elektronik - dalam bentuk Ether maupun token Ethereum lain. Contoh-contoh aplikasi tersebut diantaranya:
  • Platform exchange cryptocurrency. Contohnya: Kyber dan 0x.
  • Pasar futures dimana masyarakat umum bisa voting suara untuk mem-prediksikan kejadian di masa depan. Contohnya: Gnosis dan Augur.
  • Pasar perjudian. Contoh: Etheroll dan vDice
  • Platform untuk menggabungkan kekuatan ratusan atau bahkan ribuan komputer di dunia, untuk melakukan sebuah aktifitas bersama yang membutuhkan banyak computing power, seperti misalnya rendering grafik animasi. Contoh: Golem.
  • Sistem pembayaran. Misalnya OmiseGo, TenX dan TokenCard.
  • Platform untuk me-manage perusahaan mulai dari akuntansi, voting, sistem gaji dan lain-lain. Misalnya Aragon.
  • Platform untuk periklanan online. Contoh: BAT (Basic Attention Token)

Jika Anda tertarik untuk memiliki Ethereum, Anda bisa menukarkannya dengan Bitcoin atau Rupiah tanpa membayar biaya transaksi sedikitpun di Disini, Daftar di Bitcoin.co.id sekarang.

Baca Juga: 
1
2
Jaringan iklan untuk hasilkan uang dengan bloggerDaftar CPM (Cost Per Million) Terbaik
3
Review Ad Networks Terbaik Dan Hasilkan Uang Dari Blog atau Website
4
Daftar jaringan periklanan popup dan popunder
5
Daftar Paid To Promote Terbaik
6
Daftar Short Url Terbaik
7
Daftar Jaringan Periklanan Indonesia Untuk Blogger yang Membayar

loading...
Apa Itu Ethereum ? Apa Itu Ethereum ? Reviewed by My Tim on 09.58 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.