Keuntungan Menjadi Blogger

Keuntungan Menjadi Blogger


Blogger saat ini masih dianggap sebagai kegiatan untuk menyalurkan hobi untuk menulis. Tak banyak orang yang yakin dan percaya kalau menjadi blogger dapat membuat seseorang hidup berkecukupan bahkan menjadi kaya.

Bila kita ditanya orang apa sih kerjaan kamu? Ketika dijawab seorang Blogger, maka tak sedikit orang yang meremehkan, menyepelekan, bahkan menganggap kita pemalas karena kerjaannya cuma duduk di depan laptop atau komputer. Tak jarang orang bahkan menyarankan untuk mencari pekerjaan yang tetap dan mantap dan meninggalkan kegiatan ngeblog karena itu hanya sebuah hobi belaka.

Anda mungkin akan down mentalnya dan hilang motivasi ngeblog mendengar respon orang seperti itu. Namun jangan khawatir, di negara Indonesia ini cukup banyak orang yang menjadikan blogger sebagai pekerjaan utama mereka. Nama-nama yang cukup terkenal di dunia blogger antara lain Kang Yudiono, pemilik BlogOdolar.com dan Habibie Afsyah.

Nah, buat Anda yang pernah mengalami hinaan dan cercaan yang membuat motivasi ngeblog Anda turun, maka ada baiknya Anda tahu bagaimana sih rasanya jadi blogger itu. Disini ada beberapa hal yang menjadi keuntungan dan kelebihan seorang blogger.

1. Bisa menulis

Permasalahan terbesar bagi sebagian orang adalah mereka tidak bisa menulis. Mayoritas orang lebih senang jadi pembaca atau penonton. Mereka akan bilang, saya nggak punya bakat nulis. Nah, di sini kita akan kalahkan semua itu, meskipun itu jelek dan tidak berkualitas.

Namun, seiring berjalannya waktu kualitas tulisan akan semakin baik bila terus dilatih. Tulisan Anda saat ini mungkin belum sebaik penulis buku, sastrawan, atau wartawan, tapi yakinlah bila Anda terus menulis, Anda pun akan menyamai kemampuan mereka.

2. Rajin membaca

Indonesia adalah salah satu negara dengan tingkat membaca yang terendah di dunia. Tak heran kalau negara kita sulit bangkit dari keterpurukan, karena remaja dan generasi muda lebih suka nonton acara joget di TV ketimbang memeras otak membaca dan menelaah makna sebuah karya tulisan orang lain. Dengan menjadi blogger sudah pasti Anda rajin membaca karena tidak mungkin Anda mampu membuat tulisan yang bagus bila Anda sendiri jarang membaca.

3. Selalu up-to-date

Tak bisa dipungkiri, selain wartawan, blogger adalah orang yang paling up to date terhadap perkembangan berita. Karena blogger selalu ingin mencari tahu berita terbaru untuk menjadi bahan posting di blognya. Untuk itu blogger selalu haus akan info terbaru dan berita terbaru yang ada di dunia saat ini sehingga menjadikan ia seseorang yang selalu up-to-date.

4. Tidak gagap teknologi

Sebagai orang yang hidup di era digital dan informasi, adalah suatu keharusan bagi seorang blogger untuk tahu perkembangan teknologi terbaru. Terlebih apabila niche blognya adalah teknologi dan gadget. Menjadi seorang blogger juga membuat Anda tidak gagap teknologi alias gaptek.

Sebab Anda sudah terbiasa dengan berbagai macam fasilitas di internet, seperti YouTube, Facebook, Twitter, Dropbox, SlideShare,dan lain-lain. Bahkan tak jarang pendiri perusahaan startup terkenal memulai bisnisnya dari blog, seperti Neil Patel.

Kemampuan menggunakan teknologi itu harus Anda banggakan. Karena tidak semua orang mampu melakukannya.

5. Mengetahui ilmu marketing

Anda sadari atau enggak, dengan menjadi seorang blogger anda sudah mengetahui dasar-dasar ilmu marketing. Tidak percaya? Anda pasti ingin membuat judul posting yang menarik minat pengunjung, meningkatkan trafik blog, promosi blog di dunia offline, SEO, hingga memanfaatkan social media, sampai memberi komentar yang bagus saat blogwalking.

Semua hal di atas itu menunjukkan kalau Anda sedikit banyak tahu tentang dunia marketing. Anda harus bangga karena banyak orang yang tidak mengetahui ilmu seperti itu bahkan tidak familiar sama sekali dengan yang namanya marketing.

6. Memiliki koneksi yang luas

Anda memiliki banyak teman di kehidupan nyata. Berapa banyak teman aAda yang sehobi? Dengan menjadi blogger Anda akan meningkatkan jaringan pertemanan. Anda pun dapat menambah teman baru yang sehobi. Bukankah asyik ngobrol dengan teman yang punya hobi dan orientasi yang sama?

Enaknya di dunia blogger itu tidak ada yang namanya blogger senior, blogger pemula, blogger profesional. Semuanya setara dan menganggap dirinya adalah orang biasa. Anda harus bangga punya komunitas seperti itu.

7. Berjiwa peneliti

Blogger tidak hanya punya kemampuan menulis, namun untuk menjadi seorang blogger yang baik Anda dituntut harus menguasai berbagai bidang. Salah satunya adalah penelitian. Kenapa bisa begitu? Karena sebelum melakukan posting blog, Anda harus melakukan riset kata kunci online.

Itu bisa berupa perkiraan kata-kata kunci yang bakal dicari orang, atau Anda menggunakan tools seperti Google Keyword Planner untuk riset kata kunci. Selain itu, Anda juga kerap meneliti dan menganalisa berbagai kesalahan yang terjadi di blog Anda.

Jadi dengan menjadi seorang blogger, saya dengan bangga menyatakan kalau kita para blogger ini kelasnya sama seperti ilmuwan dan profesor hanya tanpa gelar!

8. Dikenal banyak orang

Siapa yang tak kenal Raditya Dika? Blogger kondang multi talenta ini sangat terkenal baik di dunia maya ataupun dunia nyata. Bisa dikatakan ialah selebriti blogger Indonesia yang belum ada saingannya hingga saat ini.

Dengan menjadi blogger, terbuka peluang bagi anda untuk dikenal masyarakat luas bahkan tampil di media seperti koran, majalah, radio,hingga tampil di televisi seperti Raditya Dika.

Kalaupun tidak sepopuler Raditya, tulisan-tulisan anda akan dibaca oleh orang lain. Anda akan dikenal dengan karya tulisan anda. Apakah anda bisa dikenal orang lain bila tidak menjadi blogger? Bisa sih, tapi ada caranya untuk jadi orang terkenal.

8. Anda punya fans

Super Junior, Justin Bieber, SNSD, dan Noah adalah penyanyi dan kelompok musik yang mempunya banyak fans. Kita juga pasti melihat kan bagaimana histeria para penggemar mereka untuk menonton idolanya?

Sebagai blogger, Anda juga bisa mempunyai fans yaitu pelanggan RSS atau newsletter. Terlepas apakah Anda punya sedikit atau banyak, setidak-tidaknya Anda sudah punya fans. Tidak banyak orang yang mempunyai fans yang karyanya selalu ditunggu. Bayangkan Anda punya ribuan fans yang selalu menunggu tulisan terbaru Anda.

9. Anda disiplin

Berdasarkan pengalaman menjalani beberapa hari di Malaysia dan Singapura, dapat disimpulkan kemajuan mereka disebabkan karena penduduknya yang disiplin. Terlebih di Singapura, penduduknya sangat-sangat disiplin. Seorang blogger sukses sudah menerapkan sifat kedisiplinan ini dalam dirinya.

Coba bayangkan apa jadinya bila Anda tidak pernah update blog lagi. Trafik dan penghasilan anda pun akan turun drastis. Cara terbaik agar blog Anda tetap ramai dikunjungi adalah dengan disiplin membuat postingan, rajin berkomentar di blog lain, share posting ke social media, dan lain-lain Kedisiplinan adalah kunci paling penting untuk menggapai kesuksesan. Tak ada kisah orang sukses tanpa disiplin diri yang baik.

10. Anda bisa kaya dari blog

Kaya raya dari blog itu hanya mimpi? Tidak juga. Kalau tidak percaya silahkan baca kisah-kisah sukses pebisnis online yang berangkat dari blog.

Itulah 10 alasan keuntungan menjadi seorang blogger. Sekarang tinggal keputusan Anda untuk bangga atau malu menjadi seorang blogger dan mampu berkata dengan lantang: Aku Seorang Blogger.

Baca Juga:
1
2
Jaringan iklan untuk hasilkan uang dengan blogger Daftar CPM (Cost Per Million) Terbaik
3
Review Ad Networks Terbaik Dan Hasilkan Uang Dari Blog atau Website
4
Daftar jaringan periklanan popup dan popunder
5
Daftar Paid To Promote Terbaik
6
Daftar Short Url Terbaik
7
Daftar Jaringan Periklanan Indonesia Untuk Blogger yang Membayar

Komentar