Membuat Link dalam Satu Halaman

Membuat Link dalam Satu Halaman


Apakah Anda ingin memberi kemudahan kepada pengunjung berupa shortcut (jalan pintas) menuju satu bagian tertentu dalam satu halaman postingan Anda?
Atau menambahkan sebuah link kembali keatas, sehingga pengunjung dapat melihat menu navigasi postingan Anda atau area manapun dalam satu halaman posting?
Jika ya, nah itulah yang saya maksud dengan membuat link dalam satu halaman. Hal ini sangat berguna, jika postingan Anda cukup panjang, dan terdiri dari beberapa bagian.
Dengan link ini, pembaca dapat dengan mudah melompat ke bagian yang menarik bagi mereka tanpa harus lelah melakukan scrolling.

Contoh:

Menentukan Nama Target
Membuat Link ke Target


Bagaimana cara membuatnya? Ternyata caranya sangat mudah:

1. Menentukan-Nama-Target

Link terdiri atas link yang mengarah ke target dan alamat target. Maka, hal yang pertama kali sahabat buat dan tentukan terlebih dahulu adalah target. Diusahakan dalam membuat nama target adalah satu kata. Jika memang tak memungkinkan, maka kata-kata tersebut sebaiknya dirangkai dengan tanda (-) atau (_). Hal itu agar tidak menimbulkan kesulitan tersendiri, mengingat spasi dalam hlml akan berubah menjadi "%20". Misalnya, sahabat ingin membuat nama target 'Link Satu Halaman', maka diusahakan nama targetnya adalah 'link-satu-halaman' atau 'link_satu_halaman'.

Adapun rumus dalam menentukan nama target adalah sebagai berikut:
<div id="nama-target">
    //konten
</div>

2. Membuat-Link-ke-Target

Setelah sahabat sudah menentukan nama target, maka langkah selanjutnya adalah membuat link yang menuju target itu sendiri. Dalam membuat link ke target, gunakanlah rumusnya sebagai berikut:
<a href="#nama-target">link teks</a>

Namun jika targetnya berada di halaman lain, maka rumus yang digunakan adalah sebagai berikut:
<a href="nama-halaman.html#nama-target">link teks</a>

Contoh Membuat Link dalam Satu Halaman

Bagaimana, mudah bukan dalam membuat link dalam satu halaman? Agar lebih mudah, Ngonline06 akan memberikan contoh cara mudah membuat link dalam satu halaman.
Postingan ini terdiri atas:
Judul
Sub Judul
Sub Sub Judul
Target Judul
bla bla bla ......................... 

Target Sub Judul
bla bla bla .........................

Target Sub Sub Judul
bla bla bla .........................

Silahkan klik tulisan 'Judul', maka sahabat akan diajak menuju 'target judul'. Demikian juga, saat sahabat mengklik 'sub judul', maka sahabat akan diajak menuju ke 'target sub judul'. Sama juga, saat sahabat mengklik 'sub sub judul', maka otomatis sahabat akan diarahkan ke 'target sub sub judul'.

Itulah gambaran dan contoh membuat link dalam satu halaman. Jika ada kesulitan atau hal yang belum dipahami, silahkan tanpa ragu untuk menuliskannya di kotak komentar. Salam hangat dari Ngonline06 untuk semua sahabat.

loading...
Membuat Link dalam Satu Halaman Membuat Link dalam Satu Halaman Reviewed by My Tim on 09.16 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.