Membersihkan Situs Dari Malware Dan Situs Hack

Membersihkan Situs Dari Malware Dan Situs Hack


Hal seperti ini mungkin sering di anggap sepele , kita sebagai pemilik sebuah web / blog tentu harus selalu konsisten dalam memantau pekembangan nya , salah satu nya adalah melalui webmaster tool , pada salah satu pedoman yang saya baca admin disarankan untuk tidak hanya cuma berfokus kepada web / blog saja . akan tetapi lebih kesemua yang bisa kita lakukan untuk membangun sebuah web yang sehat .

 Salah satu contoh , mungkin ini juga bisa dijadikan tips bagi sobat sekalian .

Jika situs terkena hackatau terinfeksi malware , anda harus bertindak cepat untuk memperbaiki kerusakan . Google menyarankan meninjau rekomendasi yang di brikan oleh organisasi antipishing.org

Dalam Webmaster tool dijelaskan

Apapun Platform anda atau jenis infeksi , Google Menyarankan Langkah-langkah berikut :

* Karantina Situs Anda

Penting dilakukan untuk mencegah hacker menyalahgunakan sistem

 *Ambil situs Anda turun segera. Ini sangat penting bahwa Anda mengambil tindakan untuk mencegah situs Anda dari menginfeksi orang lain.
*Hubungi hoster web Anda. Jika serangan mempengaruhi situs lain yang mereka tuan rumah, mereka mungkin sudah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut.
*Mengubah password untuk semua pengguna dan semua akun (misalnya, FTP akses, account administrator, isi rekening sistem manajemen authoring). Periksa pengguna Anda: Ada kemungkinan bahwa hacker menciptakan satu atau lebih account baru. pedoman Sandi.
Lakukan langkah konfigurasi untuk mengembalikan kode status 505 . mengambil secara ofline lebih baik daripada menggunakan robots.txt.

* Menilai Kerusakan

*Anda perlu mengindentifikasi cakupan dan skala kerusakan yang di timbulkan . saran nya sebagai berikut

*Kunjungi SafeBrowsing Laman diagnostik untuk situs Anda ( http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=www.example.com ) (ganti www.example.com dengan URL dari situs Anda sendiri) untuk melihat spesifik Informasi tentang apa scanner otomatis Google telah ditemukan.
*Scan komputer Anda dengan menggunakan program scanning up-to-date untuk mengidentifikasi kode berbahaya hacker mungkin telah menambahkan. Pastikan untuk memindai semua konten Anda, bukan hanya berbasis teks file, seperti konten berbahaya sering dapat tertanam dalam gambar.
*Jika situs Anda telah terinfeksi dengan malware, memeriksa halaman Malware di Webmaster Tools. (Di dashboard situs, klik Kesehatan dan kemudian klik Malware .) Halaman ini daftar URL sampel dari situs Anda yang telah diidentifikasi sebagai mengandung kode berbahaya. Kadang-kadang hacker akan menambahkan URL baru ke situs Anda untuk tujuan jahat mereka (misalnya, phishing).
*Gunakan alat Penghapusan URL di Webmaster Tools untuk meminta penghapusan halaman hack atau URL. Ini akan mencegah halaman hack dari yang disajikan kepada pengguna.
*Melaporkan phishing halaman ke tim Google Safe Browsing.
*Gunakan Ambil sebagai Google Webmaster Tools alat untuk mendeteksi malware yang mungkin tersembunyi dari browser pengguna ', tetapi disajikan ke crawler mesin pencari Google.
*Tinjau antiphishing.org rekomendasi pada berurusan dengan situs hack .
*Jika Anda memiliki situs lain, periksa untuk melihat apakah ini juga telah dibajak.


Jika Kita memiliki akses ke server


*Periksa untuk melihat apakah ada pengalihan terbuka di situs Anda telah dieksploitasi.
*Periksa file. htaccess (Apache) atau mekanisme kontrol lainnya akses tergantung pada platform website Anda untuk setiap perubahan berbahaya.
*Periksa log server Anda untuk melihat ketika file hacked (mengingat bahwa hacker dapat mengubah log). Carilah aktivitas yang mencurigakan seperti sign-in gagal mencoba, sejarah perintah (terutama sebagai root), atau account pengguna yang tidak diketahui.


*Membersihkan Konten

Kita bisa menggunakan Ambil sebagai google pada alat webmaster tool , unyuk memeriksa apakah kita sudah benar-benar membersihkan isi hack


*Update setiap paket perangkat lunak ke versi terbaru. Google menyarankan melakukan instalasi ulang lengkap dari OS Anda dari sumber yang terpercaya untuk memastikan bahwa Anda telah menghapus semua hacker mungkin dilakukan. Juga pastikan untuk menginstal ulang atau memperbarui platform blogging, sistem manajemen konten, atau jenis lainnya dari pihak ketiga perangkat lunak yang diinstal.
*Setelah Anda merasa yakin bahwa situs Anda bersih, mengubah password Anda lagi.
*Dapatkan sistem Anda kembali online. Mengubah konfigurasi server Anda sehingga tidak lagi mengembalikan kode status 503 dan melakukan langkah-langkah lain yang diperlukan untuk membuat situs *Anda tersedia untuk umum.
*Jika Anda menggunakan alat Penghapusan URL untuk meminta penghapusan dari setiap URL yang sekarang bersih dan siap tampil lagi di hasil pencarian, menggunakan alat yang sama untuk mencabut permintaan Anda.

*Minta Google meninjau situs Kita .

Setelah kita telah melakukan tindakan seperti disebutkan di atas , kita bisa meminta google untuk meninjau malware dari situs kita . jika malware tidak terdeteksi , hapus label peringatan yang muncul dalam daftar situs ,  pada hasil pencarian


*Pada halaman Home Webmaster Tools, pilih situs yang Anda inginkan.
*Klik Status Site , dan kemudian klik Malware .
*Klik Meminta tinjauan .

Lalu tegaskan bahwa situs bersih

* Jika ada Spam pada situs anda

* Masuk Ke alat Webmaster tool anda
* Pastikan Telah menambah dan memverifikasi situs untuk di pertimbangkan kembali.
* Mintalah Peninjauan ulang situs

Dan Berikut adalah Sumber daya yang bisa digunakan untuk membersihkan dan mencegah infeksi ulang pada situs anda .

* Google Webmaster central blog
* Keamanan Google blog
* Stopbadware.org
* Webmaster tool forum bantuan
* antiphising.org
* situs hack

Semoga bermafaat , belajarlah dari hal kecil sebelum kita mendapatkan sesuatu yang besar .


loading...
Membersihkan Situs Dari Malware Dan Situs Hack Membersihkan Situs Dari Malware Dan Situs Hack Reviewed by My Tim on 08.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.