Perbedaan Bitcoin Exchange dan Bitcoin Wallet

Perbedaan Bitcoin Exchange dan Bitcoin Wallet



Bagi Anda yang sudah terbiasa berkutat di dunia Bitcoin dan Blockchain, pasti akan tersenyum ketika mendengar pertanyaan “Apa yang membedakan antara Bursa Bitcoin (atau Bitcoin Exchange) dengan Dompet Bitcoin (Bitcoin Wallet)?” berhubung keduanya sudah jelas berbeda. Namun Anda akan terkejut dengan betapa banyaknya orang-orang diluar sana yang belum paham betul tentang kedua hal tersebut dan terkadang menganggapnya sebagai suatu hal yang sama. Artikel ini dibuat khusus untuk menjabarkan secara lebih detail apa yang membedakan antara sebuah bursa Bitcoin dan sebuah dompet.

Bitcoin Exchange


Bitcoin Exchange, atau bursa Bitcoin, merupakan sebutan untuk perusahaan yang menyediakan tempat (platform) khusus yang bisa digunakan oleh orang-orang dari berbagai negara untuk menukarkan Bitcoin dengan mata uang fiat (seperti Dolar AS, Euro, Yuan, Rupiah, dll) atau dengan cryptocurrency yang lain. Sebagai contoh, Bitcoin.co.id adalah sebuah Bitcoin Exchange di Indonesia yang bisa Anda gunakan sebagai tempat untuk memperdagangkan Bitcoin Anda dengan Rupiah atau menukarkannya secara gratis ke cryptocurrency lain yang tersedia di dalam market seperti Ethereum, Litecoin, Dogecoin, DASH, Ripple, dan berbagai cryptocurrency lainnya.


Bitcoin Exchange biasanya menyediakan sebuah dompet sementara (temporary wallet) untuk menampung saldo mata uang fiat atau cryptocurrency yang akan diperdagangkan oleh pengguna. Sebagai contoh, Bitcoin.co.id menyediakan dompet temporer untuk menampung saldo Bitcoin, Rupiah dan cryptocurrency lain yang disupport oleh market untuk mempermudah para penggunanya dalam melakukan trading. Ketika Anda ingin menjual Bitcoin ke Rupiah di Bitcoin.co.id, Anda harus terlebih dahulu memindahkan Bitcoin dari dompet pribadi Anda (atau bisa dari Exchange maupun perusahaan-perusahaan lain seperti perusahaan cloud mining, faucet, dan sebagainya) ke dompet temporer yang tersedia di akun Bitcoin.co.id Anda. Setelah melakukan deposit Bitcoin, Anda akan melihat saldo Bitcoin Anda di akun Bitcoin.co.id dan dari sana, Anda bisa dengan mudah menjualnya ke Rupiah.

Wallet Bitcoin


Bila bursa Bitcoin didirikan dengan tujuan untuk melayani proses perdagangan cryptocurrency, dompet Bitcoin, atau Bitcoin Wallet, diciptakan murni untuk menyimpan atau mengirimkan Bitcoin saja. Dompet Bitcoin bentuknya sangat beragam dengan interface yang berbeda. Anda bisa melihat tipe-tipenya didalam infographic karya Cointelegraph berikut.


Untuk mempermudah pengguna bertransaksi dari berbagai device, kini sudah ada banyak perusahaan yang bergerak sebagai wallet provider, seperti Blockchain.info, Copay, dan Airbitz. Berbeda dengan Bitcoin Exchange, perusahaan yang bergerak sebagai wallet provider tidak menyediakan platform perdagangan Bitcoin, kecuali perusahaan tersebut juga beroperasi sebagai sebuah exchange, contohnya: Coinbase, LakeBTC, LocalBitcoins, Bitcoin.co.id, dan BTCPop.
Ketika Anda membuat sebuah wallet di situs seperti Blockchain.info, Anda akan mendapatkan akses ke sebuah dompet Bitcoin yang hanya bisa digunakan untuk menyimpan dan mengirimkan Bitcoin saja. Anda bisa menganggapnya seperti sebuah dompet biasa yang Anda gunakan untuk menyimpan uang kertas Anda yang tentunya bisa diambil sewaktu-waktu dan dipindahkan ke tempat lain. Namun berbeda dengan dompet untuk uang cash, dompet Bitcoin ini lebih seperti buku rekening bank yang mencatat semua daftar transaksi Anda sejak pertama kali dompet itu dibuat. Kapan Anda mengirimkan/menerima Bitcoin, berapa jumlah Bitcoin yang ditransaksikan, dan darimana atau kemana Bitcoin itu ditransaksikan, semua terpampang jelas disana. Lebih hebatnya lagi, Anda tidak perlu mengecek riwayat transaksi Anda hanya lewat situs Blockchain.info tempat Anda membuat dompet saja. Andaikan server Blockchain.info down, Anda masih tetap bisa mengeceknya di berbagai situs yang lain. Anda juga masih bisa mengakses dompet Bitcoin Anda selama Anda membackup-nya dengan baik.

Bagaimana cara mengamankan dompet Anda? Hal ini akan kita bahas di artikel berikutnya.

Perbedaan Bitcoin Exchange dan Bitcoin Wallet


Dari penjabaran diatas, kita bisa menyimpulkan satu poin penting yang membedakan antara sebuah Bitcoin Exchange dan sebuah Bitcoin Wallet yaitu dari bentuk layanan yang disediakan. Anda tidak bisa menjual atau membeli Bitcoin Anda di dompet Bitcoin Anda, dan meskipun Anda bisa menyimpan Bitcoin Anda di dompet sementara yang disediakan oleh sebuah Bitcoin Exchange, dompet Bitcoin dapat memberi kenyamanan, kemudahan dan keamanan ekstra tanpa server yang jarang disediakan oleh Exchanger. Bila Anda bayangkan Bitcoin sebagai emas, sebuah Bitcoin Exchange adalah toko emas tempat dimana Anda bisa menjual/membeli emas tersebut dengan Rupiah, sedangkan dompet Bitcoin dapat Anda anggap sebagai brankas pribadi yang bisa Anda jadikan sebagai tempat menyimpan emas. Tingkat keamanan brankas tersebut bisa Anda atur sendiri sesuka hati, dan hanya Anda yang memegang kunci untuk membukanya tanpa perlu bergantung pada siapapun. Bedanya dengan emas, ‘brankas’ Bitcoin dapat dengan mudah disimpan di dalam smartphone Anda dan bisa dibawa kemanapun untuk dibelanjakan.

Baca Juga:
1
2
Review Bidvertiser, Peluang dapat uang dari blog
3
Review Adnow, Peluang dapat uang dari blog
4
Review PayClick, Peluang dapat uang dari blog
5
Review CPMAffiliation, Peluang dapat uang dari blog
6
Review BloggerBersatu.com, Peluang dapat uang dan pulsa dari blog
7
Review KumpulBlogger.com, Peluang dapat uang dari blog

loading...


loading...
Perbedaan Bitcoin Exchange dan Bitcoin Wallet Perbedaan Bitcoin Exchange dan Bitcoin Wallet Reviewed by My Tim on 11.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.