Bursa Saham Mulai Menanggapi Bitcoin dengan Serius

Bursa Saham Mulai Menanggapi Bitcoin dengan Serius


Operator bursa saham terbesar di Amerika Serikat mulai mengambil langkah-langkah untuk menerima Bitcoin. Situasi ini menimbulkan spekulasi masyarakat bahwa keberadaan mata uang digital kini semakin membesar di dunia.

Hari selasa kemarin, sNasdaq OMX Group Inc mengungkapkan bahwa mereka telah setuju untuk menjalin kerjasama dengan sebuah start up Bitcoin di New York bernama Noble Markets yang selama ini menyediakan platform untuk perdagangan Bitcoin. Kini, Noble sudah secara resmi melisensi teknologi X-stream milik Nasdaq dan akan mengadopsi software yang sama seperti yang digunakan oleh bursa efek di seluruh dunia, termasuk sistem yang menjalankan Pasar Saham Nasdaq, salah satu bursa efek terbesar di dunia. Berita ini mengikuti apa yang terjadi pada bulan Januari kemarin dimana Bursa Efek New York setuju untuk berinvestasi di Coinbase–sebuah platform lain yang juga melayani perdagangan mata uang digital.



Pasar-pasar tempat jual beli Bitcoin mulai terkenal ketika salah satu pasar terbesar, Mt. Gox, mengalami kebangkrutan pada tahun 2014. Mt. Gox menutup perusahaannya setelah kehilangan ratusan ribu Bitcoin milik pelanggan termasuk milik perusahaannya sendiri. Dengan menggunakan software milik Nasdaq, Noble tentunya bisa mendapatkan legitimasi yang lebih besar.


“Perkembangan ini akan memberikan nilai positif yang besar bagi teknologi Bitcoin,” Nicholas Colas, kepala strategi pasar di Convergex Group, mengatakan dalam sebuah wawancara. “Karena kini Anda melihat semakin banyak organisasi-organisasi raksasa yang menggunakan teknologi ini, pasti Anda mulai mengerti bahwa Bitcoin bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh lagi.”

Sementara beberapa startups Bitcoin baru-baru ini membangun teknologi perdagangan mereka sendiri, sistem Nasdaq telah teruji dan digunakan selama bertahun-tahun. Nasdaq menyediakan trading software untuk perusahaan-perusahaan besar, termasuk Jepang Exchange Group Inc dan Singapore Exchange Ltd, yang merupakan dua operator pasar terbesar di dunia.

“Nasdaq terbuka untuk bekerjasama dan menyediakan teknologi kami untuk pasar jual-beli Bitcoin lainnya,” Ryan Wells, juru bicara Nasdaq, mengatakan dalam sebuah wawancara.

Noble Markets didirikan oleh John Betts, yang sebelumnya pernah bekerja di perusahaan Goldman Sachs Group Inc, Morgan Stanley dan UBS Group AG. Betts mengatakan bahwa karirnya di dunia keuangan membuatnya cukup mengerti tentang seluk beluk dalam merancang sistem-sistem perdagangan. Sepertinya pengalamannya dalam bekerja untuk perusahaan-perusahaan besar itu telah mematangkan persiapannya untuk terjun ke dunia Bitcoin. Tentunya kasus ini berbanding terbalik dengan Mt.Gox yang awalnya direncanakan hanya sebagai tempat jual beli kartu untuk permainan Magic: The Gathering.

Menurut Adam Draper, seorang venture capitalist yang kerap berinvestasi di startup-startup Bitcoin, keterlibatan Nasdaq adalah suatu pertanda baik. “Dengan ini, Bitcoin jelas menunjukkan kalau mata uang digital tersebut sudah benar-benar berpengaruh di dunia dan tidak akan menghilang begitu saja,” ucapnya dalam sebuah e-mail, terkait berita Nasdaq ini.

Artikel ini diambil dari berita “Stock Exchanges are Beginning to Take Bitcoin Seriously” yang dimuat di situs berita Bloomberg.com

Kemungkinan besar pasar jual-beli Bitcoin akan semakin berkembang dan bergerak aktif di dunia finansial. Beberapa Team di balik startup Bitcoin exchange perorangan yang ada saat ini kebanyakan terdiri dari sekelompok programmer yang mencoba-coba membuat website daripada memahami seluk beluk sistem finance yang baik. Akibatnya, teknologi perdagangan Bitcoin yang mereka ciptakan sering kali menimbulkan masalah yang tidak diperkirakan. Kerjasama Noble Markets dengan Nasdaq adalah suatu bentuk keseriusan dan kemajuan di dunia perdagangan cryptocurrency. Besar kemungkinan dengan ini Bitcoin akan semakin banyak diadopsi oleh masyarakat dunia.

Diterjemahkan oleh Suasti Atmastuti Astaman

Business Development Manager of Bitcoin Indonesia

Baca Juga:
1
2
Rekomendasi situs PTC Terbaik
3
Dapatkan Uang dan Bitcoin Hanya Dengan Lake / Follow di FolloFast
4
Review CPMAffiliation, Peluang dapat uang dari blog
5
Review PayClick, Peluang dapat uang dari blog
6
Review Adnow, Peluang dapat uang dari blog
7
Review KumpulBlogger.com, Peluang dapat uang dari blog

Komentar