Tips Memilih Smartphone Android Yang Baik Berkualitas

Tips Memilih Smartphone Android Yang Baik Berkualitas


Sekarang ini banyak Smartphone yang menawarkan kemampuan yang lebih dari cukup dengan harga yang relatif murah. Smartphone belakangan ini memang tengah menjadi fenomena di masyarakat kita, Apalagi fitur internet yang ditawarkan memudahkan kita untuk berselancar didunia maya, mengakses berbagai jejaring sosial kesukaan dan browsing berbagai informasi terbaru di Internet.

Mungkin alasan itulah kenapa Smartphone saat ini mengalami peningkatan penjualan. dibandingkan dengan ponsel biasa yang memiliki banyak kekurangan untuk internetan. Produsen ponsel pun beramai-ramai menawarkan produk terbarunya dengan harga yang bersaing. Sebut saja Advan salah satu produknya adalah Advan Vandroid S5J yang menawarkan fitur canggih tetapi harga murah. Atau produsen lainnya semacam Lenovo, Oppo Smartphone, EverCross dan lain sebagainya.

Tips memilih Smartphone Android yang baik berkualitas sebagai informasi sebelum anda memilih sebuah Smartphone Android untuk menemani keseharian anda dapat diuraikan sebagai berikut:

1. CPU (Central Processing Unit) dan RAM (Random Access Memory)

Kedua perangkat ini sangat penting sebagai motor atau mesin pengoperasian sebuah Smartphone. Sebut saja CPU, anda pasti sudah sering mendengar istilah ini, CPU biasa kita kenal pada sebuah komputer. Nah Smartphone Android yang baik adalah menggunakan CPU sebagai otak dari ponsel anda sehingga mampu menjalankan berbagai aktifitas di ponsel anda dengan sangat baik.

Smartphone android yang baik adalah yang menggunakan CPU Dual-core. Jadi sebaiknya perhatikan komponen ini.

RAM atau Random Access Memory juga memiliki peranan sangat penting dalam sebuah Smartphone Android. Gunanya yakni untuk mengatur keseimbangan berbagai perangkat saat ponsel anda sedang mengoperasikan multitasking. Sederhananya, dengan RAM yang baik maka saat anda mengoperasikan beberapa aplikasi android maka akan lancar dan tidak tersendat, tentu saja ini memberikan kenyamanan bagi anda. Smartphone Android yang baik memiliki RAM minimal 1GB.

2. GPU (General Processing Unit)
GPU berperan pada bagian Grafis. sebaiknya anda perhatikan perangkat ini, semakin besar spesifikasi GPU nya maka akan semakin bagus grafik yang ditampilkan. Contohnya pada saat anda menjalankan sebuah game 3 dimensi dengan kualitas HD, maka jika GPU anda bagus, maka tampilan grafisnya pasti akan sangat bagus dan membuat anda sangat betah berlama-lama bermain game.

3. Display Layar
Saat ini banyak produsen smartphone memberikan layar yang lebar dengan kualitas yang baik. bentuk smartphone juga hampir sama dengan produsen lainnya. Nah, yang perlu anda perhatikan yakni teknologi layar minimal untuk Smartphone android anda adalah tipe IPS (in-Plane Switches) dengan warna minimal 16 juta warna serta mendukung multitouch untuk memudahkan anda beraktifitas dengan ponsel anda.

Sementara ukuran layar sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan anda, jangan terlalu besar karena itu cukup merepotkan saat dibawa atau dioperasikan, misalnya susah jika sebatas ingin melakukan SMS dengan satu tangan, atau susah untuk sekedar dimasukan kedalam kantung saku anda. Pilih yang sedang saja dan jangan yang kecil.

4. Kualitas Kamera
Yup, apa namanya kalau sebuah Smartphone tanpa dilengkapi kamera. Anda pasti akan jenuh sekali karena tidak bisa ber "Selfie" ria dan menguploadnya di jejaring sosial kesayangan anda. Nah sebaiknya pilih Smartphone Android yang memiliki kamera belakang (utama) minimal 5MP. Terkadang kualitas hasil gambar dengan ukuran kamera yang sama berbeda, makanya minimal 5MP menjadi hal yang wajib untuk Smartphone anda.

5. Jaringan dan Konektifitas
Salah satu fungsi Smartphone adalah memudahkan anda dalam melakukan aktifitas internet. Maka sudah pasti Smartphone haruslah mendukung jaringan terbaik untuk unternet, yakni minimal jaringan 3G atau HSDPA, apalagi kalau mendukung jaringan LTE.
Selain itu, konektifitas seperti Wi-Fi, Bluetooth, USBport juga harus sudah tersedia.

6. Baterai
Smartphone yang baik tentu saja memiliki daya tahan standby yang lama. Anda tidak ingin kan saat sedang asik menjalankan ponsel anda tiba-tiba anda merasa batrai handphone anda cepat habis. Apalagi saat anda melakukan online yang menyedot banyak daya. Nah sebaiknya pilih Smartphone dengan baterai dengan daya besar, minimal 2000mAh dan lebih besar lebih bagus.

7. Merek
Saat ini banyak merek ponsel yang menawarkan Smartphone andalannya. Hal ini pasti membuat anda bingung akan memilih Smartphone merek apa. Anda tidak perlu bingung ketika merek yang anda pilih adalah Samsung atau iPhone. Tapi selain itu, pastikan anda mengetahui rekam jejaknya dan galery resminya, hal ini untuk memudahkan anda ketika akan menservice ponsel anda.

Nah demikian 7 tips memilih smartphone android yang baik berkualitas bagi anda. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi anda dan menjadi acuan sebelum anda membeli smartphone untuk menemani keseharian anda. Selamat mencari Smartphone.

loading...

Komentar