Menghasilkan Uang dari Blog



Menghasilkan Uang dari Blog


Siapapun dapat membuat blog dan caranyapun tidak sulit, 5 menit juga kita bisa membuat blog. Namun, jika bicara mendapatkan uang dari blog, mungkin ini yang diperlukan usaha dan kesabaran ekstra. Menghasilkan uang dari blog tidak dapat isntan, butuh proses.

Blog dapat menghasilkan uang melalui program blog advertising. Selain itu, blog juga dapat menghasilkan uang jika digunakan untuk memasarkan suatu produk atau layanan tertentu, baik itu milik Anda sendiri, maupun produk atau jasa orang lain.

Berikut sumber pendapatan yang dapat anda miliki dengan menjadi seorang bloger:

1. Menjual Space Iklan (Blog Advertising)


a. Pay per click

Pay per click (PPC) adalah model menghasilkan uang berdasarkan klik yang dilakukan pengunjung terhadap iklan yang Anda pasang di blog Anda.

Jika sobat menggunakan cara ini, sobat tidak perlu repot mencari pengiklan karena para penyedia PPC akan menyediakannya untuk sobat. Yang sobat perlukan setelah disetujui sebagai mitra penyedia PPC adalah meningkatkan pengunjung dan atau mengoptimasi tampilan dan posisi iklan tersebut agar uang yang sobat peroleh semakin banyak.

Penghasilan yang akan sobat terima tergantung pada klik yang dianggap sah oleh penyedia PCC.
Kekurangan utama metode ini adalah sobat harus menunggu jumlah minimal dan atau waktu pembayaran dan ditambah kemungkinan uang sobat dipotong karena dianggap klik iklan yang terjadi di blog sobat tidak sah.

b. Text link ads
c. Video Ads (PPV)

d. Banner ads (Flat rate/CPM/CPA)

2. Paid Review


Paid review atau paid posts adalah metode monetisasi dimana kita mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog kita.

Disini sobat menawarkan blok sobat kepada calon pemasang iklan untuk beriklan diblok sobat, ketika tawan sobat diterima sobat akan mendapat sebuah job untuk mereview terkait produk pemasang iklan tersebut yang nantinya akan berbetuk hasil postingan review di blok sobat.

3. Jualan Produk Sendiri


Untuk metode ini sebenarnya sobat tidak akan mendapat keuntungan langsung dari blok, namun blok dapat menjadi sarana untuk mengiklakan produk yang sedang sobat perdagangkan. Produk apapun dapat dijual melalui blog sobat, tentunya sobat harus mengusahakan agar produk yang dijual harus sesuai dengan tema blog.

Umumnya yang dapat dijual lewat blog dapat dikategorikan kedalam 2 tipe produk fisik dan produk digital. 

4. Jualan Jasa Sendiri


Hampir sama dengan jualan produk sendiri diatas, namun disini yang sobat jual adalah keahlian sobat. Contoh:
·      Jika sobat jago desain, sobat bisa menyediakan jasa desain
·      Jika sobat jago menulis, sobat bisa menyediakan jasa menulis artikel
·      Jika sobat jago bikin website, sobat bisa menyediakan jasa pembuatan website
·      dll.

contoh blog yang mengunakan metode ini adalah dzofar.com

5.  Program Afiliasi


Afiliasi adalah model menghasilkan uang dari mempromosikan produk (bisa juga jasa) orang lain. Uang yang akan sobat peroleh bergantung pada jumlah pengunjung yang membeli produk yang sobat tawarkan di blog atau di daftar pelanggan blog Anda. Disini sobat tinggal membuat review atau menampilkan banner produk atau jasa tersebut. Tentu saja review dan banner tersebut mengandung link afiliasi yang sobat peroleh dari penyedia afiliasi.

6. Melakukan Drop shipping


Drop shipping adalah sebuah model bisnis untuk menjualkan produk orang lain. Berbeda dengan afiliasi, si pembeli membeli produk akan membelinya lewat sobat. Selanjutnya, sobat mengirimkan uang tersebut ke pemilik produk dan meminta mereka untuk mengirimkan barang ke alamat si pembeli.

Uang yang akan sobat peroleh adalah selisih harga jual dari pemilik produk dengan harga jual yang sobat tawarkan ke pembeli. Misalnya, harga produk dari pemilk adalah Rp 100.000 dan sobat menjualnya ke pengunjung blog sobat sebesar Rp 150.000, maka keuntungan sobat adalah Rp 50 ribu.

7. Program Membership

Program membership pada dasarnnya adalah sebuah program dimana sobat menyediakan konten premium di blog sobat dan konten premium tersebut hanya bisa dikases oleh pengujung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang.
Sayangnya program ini tidak bisa dilakukan oleh sebarangan orang. Sobat harus memiliki kemampuan ekstra untuk menarik pengunjung blog sobat, agar bersedia membayar untuk konten premium yang sobat sediakan.

8. Menjual Blog


Meskipun membuat blog itu cukup mudah nyatanya diluar sana sangat banyak orang yang tidak mau repot melakukannya, mereka lebih memilih membeli blog yang sudah jadi. Inilah peluang sobat, dengan membuat blog lalu tinggal blog tersebut dipasarkan.

9. Iklan Mandiri


Iklan mandiri adalah metode dimana sobat menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog sobat.

Tidak seperti iklan pay per clik dimana kita memasang iklan melalui perentara pihak ketiga, disini sobat langsung berhadapan dengan calon pemasang iklan dan umumnya bentuk iklan dalam bentuk bener. Karena tidak melalui pihak ketiga inilah makanya penghasilan sobat sepenuhnya masuk kantong sendiri sebab tidak perlu dibagi dengan pihak ketiga.

Semakin ramai blog sobat dikunjugi, maka blog sobat semakin diminati calon pemasang iklan potensial. Namun cara ini dapat dibilang cukup sulit sebab sobat harus bisa mencari calon pemasang iklan yang bersedia untuk beriklan di blog sobat.

10. Memanfaatkan blok orang lain

      a.  Menjadi penulis artikel
      b. Menjadi Penulis Tamu (Guest Blogger)

Belajar lebih banyak tentang untuk lebih mahir bermain websaid atau blogging disni:
Mahir Website 468x60

loading...
loading...
Menghasilkan Uang dari Blog Menghasilkan Uang dari Blog Reviewed by My Tim on 07.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.